Pentingnya Mengisi Formulir dengan Benar dan Jelas

Alhamdulillah.
Pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan pentingnya mengisi formulir dengan benar dan jelas. Di era komputerisasi data akan sangat dibutuhkan masukan data yang tepat dan benar (valid). Data akan disimpan dan digunakan untuk keperluan-keperluan selanjutnya. Ketika dari kantor UPT Dikbudpora Kecamatan maupun Dinas Dikbudpora Kabupaten Purworejo, ataupun instansi terkait lainnya meminta atau membutuhkan data yang cepat dan tepat maka kita akan mengambil ataupun menggunakan data yang telah ada sebelumnya. Kita tidak lagi mengadakan permintaan data secara berulang-ulang yang membuhtuhkan waktu yang lama.

Pendataan di dunia Pendidikan dikenal dengan sistem pendataan "Dapodik" yang merupakan akronim dari Data Pokok Pendidikan. Sistem
"Dapodik" dikembangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Sekolah akan memasukan data dan mengirimnya ke komputer pusat Kedikbud. Dengan ini siswa hanya mempunyai data satu yang berbasis Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Data siswa NISN ini berlaku selama menjadi siswa (SD, SMP, SMA) bahkan digunakan juga pada saat mendaftar menjadi mahasiswa di Universitas. Data NISN ini digunakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk berbagai program seperti pendataan prestasi, dana bantuan siswa miskin, dan yang lainnya.


Alamat website yang bisa diakses umum adalah sebagai berikut:
Nomor Induk Siswa Nasioal: http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
Referensi Data Pendidikan: http://referensi.data.kemdikbud.go.id/

Data ini juga digunakan sekolah sebagai data induk sekolah dan database. Yang paling utama dan penting, nantinya data ini sebagai dasar penulisan ijazah. Ijazah SD digunakan sebagai dasar untuk penulisan ijazah tingkat selanjutnya, SMP dan SMA.

Dengan demikian kami sangat berharap apabila sekolah meminta data melalui formulir pendataan, supaya:

1. Isi data sesuai bukti yang syah dan legal. Misalnya untuk nama agar disamakan dengan Akta Kelahiran.

2. Mengisi data secara lengkap dan jelas. Misalnya data alamat, nomor HP, pendidikan orang tua, penghasilan, dll.

3. Mengumpulan data bukti dokumen secara lengkap. Misalnya foto copy akte kelahiran, kartu keluarga (KK), kartu perlindungan sosial (KPS), keterangan tidak mampu, dll.

4. Mengisi formulir pendataan dengan tulisan jelas dan rapi. Ini akan memudahkan operator ketika memasukan (entry) data ke komputer.

Selain itu kami juga mohon kerja samanya agar:

1. Apabila disebuah kesempatan Bapak/Ibu menemukan data yang kurang tepat agar segera menghubungi pihak sekolah. Misal seperti kesalahan penulisan nama pada raport. Apabila Bapak/Ibu menemukan hal yang demikian agar tidak melakukan tindakan sendiri untuk mengubah data, seperti menggunakan tipe-X sendiri. Lebih baik menghubungi pihak sekolah.

2. Apabila ada perubahan data atau pembaharuan (updating) data siswa maupun orang tua, misalkan alamat agar segera memberitahu pihak sekolah.

Hal tersebut di atas merupakan hal penting. Semua itu bertujuan untuk memperlancar keadministrasian yang mendukung proses belajar siswa.

Demikian, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar